Selasa, 22 November 2016

RUMAH TROPIS

   
      1.       PENGERTIAN RUMAH TROPIS




Rumah Tropis adalah rumah dimana bentuk maupun elemen – elemen pembentuknya  dirancang sedemikian rupa sehingga cocok dan nyaman untuk daerah yang beriklim tropis. Konsep Desain Rumah Tropis akan mengoptimalkan potensi iklim tropis dan mengurangi dampak/ pengaruh buruk iklim tropis. Dengan kata lain konsep desain rumah tropis adalah konsep desain yang mampu beradaptasi dengan iklim tropis. Sedangkan daerah beriklim tropis adalah daerah yang berada diantara garis 23 derajat Lintang Utara dan Lintang Selatan dan berada di sekitar garis khatulistiwa.

Kondisi iklim di daerah tropis sangat dipengaruhi oleh penyinaran matahari yang terjadi terus menerus setiap hari  sepanjang tahun. Faktor matahari inilah yang menjadi potensi sekaligus kendala iklim tropis. Cahaya matahari merupakan salah satu potensi iklim tropis yang melimpah setiap hari sepanjang tahun. Rata – rata daerah tropis menerima cahaya matahari hampir selama 12 jam sehari.

Namun daerah dengan iklim tropis juga mempunyai permasalahan yaitu kondisi udara yang panas akibat suhu udara dan kelembaban udara yang tinggi. Kondisi udara yang panas tersebut dirasakan melebihi batas ambang kenyamanan.


     2.       PRINSIP PRINSIP DESAIN RUMAH TROPIS

Permasalahan utama di daerah iklim tropis adalah permasalahan suhu udara yang cukup panas. Untuk itu dalam konsep desain rumah tropis, perlu adanya pengendalian suhu udara di dalam rumah. Pengendalian suhu udara dapat dilakukan dengan cara :

1)      Memperbesar volume ruang atap
2)      Memperbesar luas bukaan ventilasi agar volume angin yang masuk ke dalam ruangan menjadi lebih banyak
3)      Penataan ruang yang bersifat terbuka sehingga angin lebih mudah bergerak dalam ruangan
4)      Memasukkan unsur air berupa kolam juga akan mengurangi suhu udara
5)      Memperbanyak unsur tanaman / taman


     3.       CIRI CIRI RUMAH TROPIS

Desain arsitektur tropis merupakan gaya bangunan yang sesuai dengan lingkungan di wilayah tropis. Gaya ini memiliki beberapa ciri-ciri khas yang menjadikannya terlihat identik dan mampu menjadi pilihan untuk hunian yang nyaman. Ciri ciri nya adalah sebagai berikut :

1)     Ruang atap
Atap adalah payung atau pelindung rumah dari sinar matahari, hujan, dan angin. Model atap yang diperlukan adalah atap miring yg memiliki kemiringan minimal 30 derajat, sirap minimal 22,5 derajat, seng 15 derajat, serta tinggi langit langit minimal 2,70 m. Desain seperti ini dibuat dengan memperhatikan dari indikator cuaca.

2)     Dinding
Ciri khas dinding rumah tropis adalah dinding memiliki lobang lobang yang berfungsi sebagai ventilasi. Selain itu, dinding juga harus dilindungi dari radiasi matahari agar tidak meneruskan panas ke dalam ruangan. Penggunaan dinding pada konsep tropis sangat di minimalisir dan lebih memperbanyak teras agar pandangan ke luar semakin luas

3)     Warna eksterior rumah
Untuk menghadirkan nuansa tropis, cat dinding berwarna cerah dengan unsur alam sangat di rekomendasikan untuk menjadi unsur utama. Sedangkan pada lantai rumah, umumnya digunakan lantai dengan warna pasir dan terakota.

4)     Pembagian ruang
Pembagian ruang dalam rumah gaya tropis tidak selamanya harus tertutup, beberapa ruangan bisa dibiarkan terbuka tanpa sekat agar menciptakan kesan yang luas dan meningkatkan kualitas sirkulasi udara

5)     Keselarasan
Tercermin dari bagian depan rumah yang dihiasi berbagai macam tanaman yg dilengkapi dengan kursi kayu or bambu

6)     Fasad
Fasad pada rumah tropis umumnya menggunakan warna putih, coklat, orange, kuning

7)     Jendela dan pintu
Umumnya memiliki jendela yang besar dan pintu pintu yang lebar dan memiliki sebuah taman terbuka di dalam rumah

8)     Suhu udara
Suhu udara yang relatif panas dapat ditanggulangi dengan memasukan unsur unsur air ke dalam desain rumah seperti : kolam renang, kolam taman, kolam ikan dsb

9)     Matahari
Umumnya rumah bertema tropis memanfaatkan adanya sinar matahari lebih dan digunakan sebagai cahaya utama pada siang hari. Contohnya adalah penggunaan kaca patri atau skylight ( lubang bukaan cahaya pada bagian atas)



 4.   MATERIAL TROPIS

           Rumah dengan desain tropis mampu berperan seimbang dalam kondisi iklim di daerah tropis

 Hal tersebut karena rumah tropis menggunakan material yang ramah lingkungan, seperti bambu,    kayu, atau batu alam. Dan juga banyak dibalut memakai warna-warna alami dengan seperti hijau, biru,  putih, coklat, oranye, serta krem. Berikut adalah materialnya :
  • KAYU, material kayu dan karakter kulitnya bisa menjadikan rumah bergaya tropis, namun bisa juga menampilkan gaya klasik. Bahan kayu pada desain rumah tropis dapat Anda buat tampil lebih menarik dan tahan lama dengan memberi lapisan cat khusus untuk kayu seperti produk cat kayu SANLEX Sintetik. Dengan begitu, rumah tropis berornamen kayu akan lebih tahan lama.
  • BATU ALAM, batu-batu ini biasanya dikenal dengan batu-batu kali yang sudah dibentuk.Material batu alam akan membuat rumah tropis terlihat lebih natural. Anda bisa ciptakan tampilan batu alam yang kian alami, menarik, serta tahan lama dengan memberi lapisan pelindung yaitu cat khusus untuk batu, misalnya ARCA Seri Perlindungan Batu Alam.
  • BAMBU, rumah tropis dengan material bambu saat ini sudah banyak kita jumpai. Pemakaian bambu pada interior rumah tropis yaitu bisa lewat keberadaan furnitur kursi dan meja yang mampu membawa nuansa yang sangat sederhana namun akan terlihat segar. Aplikasi bambu pada hunian tropis juga bisa dalam bentuk bilik bambu, yaitu bambu yang diraut tipis kemudian dianyam. Bilik bambu dahulu identik dengan material rumah di perkampungan. Namun, sekarang bilik menjadi perhatian masyarakat kota untuk dipakai sebagai interior rumah seperti rumah bergaya tropis.
  • Serabut kelapa atau injuk, gunakan serabut kelapa yang berwarna hitam dan biasa dipakai sebagai penutup atap, seperti gazebo.



5.   CONTOH BANGUNAN TROPIS

Lovelli Residence, seminyak, bali



          Rumah ini sangat mencerminkan sebuah hunian yang besifat tropis. Hal ini jelas terlihat dari  bagian luar bangunan tersebut. Fasad menggunakan warna cat putih yang selain untuk menampilkan  sisi tropis bangunan itu sendiri, namun juga berfungsi sebagai pemantul panas sekaligus pemantul  cahaya agar tidak masuk berlebihan ke dalam ruangan




          Pada foto diatas, jelas bahwa bangunan ini telah mencerminkan sebuah hunian dengan konsep  tropis. Hal itu dikarenakan banyaknya tumbuhan yg ditanam disekitar bangunan yang juga merupakan  respon terhadap kondisi iklim yang ada di wilayah tropis untuk mensejukkan angin yang masuk ke  dalam ruangan. Selain itu, meminimalisir adanya sekat atau tembok juga diterapkan pada bangunan  ini. Hal itu dilakukan agar bangunan terkesan lebih luas dan sekaligus memeningkatkan kualitas  pertukaran udara pada ruangan. penggunaan kolam renang juga dapat meningkatkan kesejukan  disekiar wilayah tsb.




6. KESIMPULAN
    
    Bangunan tropis adalah bangunan yang didesain sedemikian rupa agar sesuai dengan kondisi alam tropis yang memiliki intesitas curah hujan dan musim panas yang tinggi. Material yang digunakan bersifat alami (natural) agar lebih menunjukan identitas bangunan sebagai bangunan tropis dan merupakan proses adaptasi bangunan terhadap alam disekitarnya.


7. SUMBER :

  • dupaint.com/cat/bijak-memilih/2945-material-untuk-desain-rumah-tropis.html
  • https://desainrumahtropis.wordpress.com/2013/01/10/konsep-desain-rumah-tropis/
  • http://www.desainic.com/12-desain-rumah-tropis-modern-minimalis/
  • http://www.homedsgn.com/2012/02/03/lovelli-residence-by-world-of-mouth/






Tidak ada komentar:

Posting Komentar